Rawon

Dinamakan “Rawon Setan” karena bukanya setelah larut malam. Paling cepat mereka buka pada pukul sepuluh malam. Kadang-kadang malahan menjelang tengah malam baru buka. Ketika setan-setan mulai bergentayangan, warung rawon itu baru buka…

Tentu saja, nama itu bukanlah nama resminya. Para sepuh Surabaya menyebutnya sebagai “Rawon NIROM“, karena letaknya persis di depan pemancar NIROM (Nederlands-Indische Radio Omroep Maatschappij) yang kemudian berubah menjadi Radio Republik Indonesia. Gedungnya sekarang tidak ada lagi dan sudah menjadi Hotel JW Marriott.

Saya jadi teringat Pak Jusuf Ronodipuro, pembaca setia “Jalansutra” yang dulu menjadi “dedengkot” RRI sebelum menjadi duta besar di beberapa negara. Mungkin sekali beliau pernah makan “Rawon NIROM” ini. Maklum, warung tenda ini memang sudah ada di sana sejak zaman revolusi. Sekarang dilanjutkan oleh anak-anak dan menantu-menantunya.

Porsinya generous, padahal harganya cuma Rp 10 ribu. Potongan dagingnya besar-besar, dan sangat empuk. Dalam seporsi saya perkirakan dagingnya sekitar 150 gram, sama dengan ukuran steak yang queen cut. Herannya, “setan-setan” penggemarnya masih lagi menambah lauk empal, paru goreng, di samping telur asin.

Kalau Anda penggemar “Rawon Nguling” yang mulai terkenal gara-gara disinggahi bus Denpasar-Surabaya (terletak di Desa Nguling, Probolinggo), Anda bisa pergi ke Jalan Kutai. Tetapi, seorang pria Tionghoa lanjut usia yang pernah saya temui makan di Jalan Kutai itu mengatakan bahwa sebetulnya ia terpaksa makan di sana. Lho? “Nggak ada yang bisa ngalahin rawon dari ‘Depot Anda’ di Mojokerto,” katanya. Menurut Yuniawan Nugroho, redaktur Suara Pembaruan, “Depot Anda” di Mojokerto itu juga terkenal sop buntutnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: