Mie Ayam

dari : http://oyndwi.blogspot.com

Mie ayam disini, biasa disebut orang Surabaya sebagai Pangsit Mie Ayam. Commonly terdiri dari mie, pangsit basah dan topping daging ayam cacah, plus selada en acar, dipercantik dengan irisan daun bawang (orang surabaya biasa nyebutnya ijo-ijo) dan bawang merah goreng (a.k.a brambang goreng).

Tempat 1 : Mie Kedondong
lokasi jalan Kedondong gang I dan Raya Kertajaya (Depan BCA Kertajaya/sebelah Pom Bensin Kertajaya/sebelah XL shop Kertajaya.)

Mienya ga gitu tipis, kekenyalan pas, porsinya cukup, tidak terlalu mengenyangkan dan tidak terlalu kurang. Daging ayam cacahnya dikukus jadi aromanya ga hilang dan warnanya tetep putih, bukan disangrai. Kuah yang dikasih sedikit, jadi yang suka mam ampe banjir kuahnya disarankan minta kuah ekstra. Tapi rasa kuahnya top banget, bumbu merica, garam n tulang sapi (a.k.a balungan). Pangsitnya berisi daging ayam cacah juga, dicampur sedikit telur kocok. Ini yang istimewa, soalnya biasanya kalo warung mie yang lain ga ada isinya, paling juga daging ayam sangrai bekas daging ayam untuk topping mie sisa kemaren, ato bahkan parahnya cuma isi daun bawang dan kanji😛. Harga antara Rp.8rb untuk Mie Ayam biasa, sampe 12rban untuk Mie Ayam Bakso Jamur. Baksonya juga recommended, asli daging, ga banyak campuran tepungnya, tepungnya cuma supaya menggumpal bakso aja, bukan bahan utama. Terbukti, bagian dalam baksonya masih berwarna kemerahan, ga abu2 seperti bakso lainnya. Menu yang lain Mie Ayam Jamur, cuma yang ini saya belum coba.. heheheh…. Satu lagi, sambelnya enak pol!!!
Kalo ketempat ini jangan terkecoh dengan spanduk Mie Medan yang ada di sebelahnya, karena dia mank tempatnya nyempil banget, warungnya sendiri cuma cukup buat makan 8 orang, tapi bersih kok, tertutup dalam ruang kaca.

Tempat 2 : Pangsit Mie Ayam Tenda Biru Esempe Enam
lokasi di jalan Jawa depan SMPN 6

Warung kaki lima gitu deh, atapnya pake terop warna biru, makanya sebutannya Warung Tenda Biru. Cukup buat makan 20 orang.
Mienya gede2, kenyal banget, porsi buanyak banget, bagi yang porsi mamnya normal, kemungkinan besar bakal merasa kekenyangan seharian. Harga relatif murah, cuma 6rb per porsi untuk Mie Ayam biasa tanpa bakso. Untuk yang plus 2 biji bakso, harga 8rb. baksonya biasa aja, g gitu kerasa dagingnya agak basah didalam. daging ayamnya disangrai, bukan dikukus kayak Mie Kedondong, tapi ga kering, agak lembab basah gitu. Rasa kuahnya biasa aja, cuma paduan merica, garam, daun bawang, tapi ngasihnya lumayan banyak. Minyak wijen pada mie kerasa banget. Pangsit cuma 1, isinya dikit, yaitu daging ayam yang disangrai agak kering yang juga dipakai buat topping. Agak sedikit tasteless alias kurang gurih, cuma porsinya mantab😀

Tempat 3 : Mie Restu Bang Karman
Lokasi di jalan Pucang Anom Timur dekat kompleks sekolahan Muhammadiyah.

Menunya lebih variatif, Pangsit Mie Ayam, Pangsit Mie Ayam Bakso, Pangsit Mie Ayam Jamur, dan Song Mie. Harga antara 6rb sampe 9000. Generally sama aja isinya cuma toppingnya aja beda. Untuk Mie ayam Jamur, ditambahi jamur kancing, kalo yang Songmie, selain topping daging ayam, dikasih jamur ama udang juga (yummy!)
Porsi standard, mungkin dirasa dikit buat orang kebanyakan, mienya lebih tipis, kayak mie keriting. Istimewanya, tiap topping ada rasanya, untuk Song Mie misalnya, kerasa lebih manis, daripada Mie Ayam yang lebih asin. Topping daging ayamnya juga dikukus, g disangrai. Dikasih pangsit juga, cuma dagingnya dikit banget. tempat makannya lebih luas, karena rumah reyot dibelakangnya dipake buat menjamu pelanggan. Bisa sampe 25 orangan.

Tempat 4 : Mie Ayam Ayam Goreng Sriwijaya
Lokasi kemungkinan di setiap merchant Restoran Ayam Goreng Sriwijaya, tapi yang pernah saya coba yang di jalan Klampis, dekat Asrama Haji Sukolilo.

Sebagai bagian variasi menu dari Restonya, jadi cuma ada 2 macem variasi menu, Mie Ayam biasa ama Mie Bakso. Yah karena tempatnya resto, jadi yang pasti lebih nyaman karena berAC.😛 Mienya mie keriting, tipis, testurnya lebih lembut daripada mie restu. ga terlalu kenyal, empuk banget. tapi porsinya kata temen saya dikit, ga sebanding maa besar mangkuknya.. hehehe… kurang mengenyangkan.
Tapi biarpun dia ngakunya mie ayam, tapi ada topping jamurnya juga. Daging ayam dikukus, tapi disangrai juga jadi lumayan garing tapi ada basahnya dikit. Agak banyak, daripada mie-mie yang laen. HArga, secara resto, Rp.11rb, sementara yang pake bakso Rp.14rb. Irisan daun bawang ga dirajang tipis, tapi panjang batang gitu dey… Kuahnya standard rasanya, cuma bumbu merica doank, kalo yang suka banyak kuah mending minta lagi..
Buat yang biasa mam pake sambel bawang, sayangnya disini ga disediakan, adanya sambel bajak yang buat makan ayam goreng.. ihh mana cucok bo’?? Jadi kalo yang suka makan pedes, terpaksa sampeyan mam pake cabe rawitnya yang ada di acar.. heheheh….

Tempat 5 : Bakmie BeGe (Belakang Gereja)
Lokasi di belakang Gereja Rungkut Mapan

Tempatnya macam depot, bisa milih tempat, mau yang di teras ato yang didalam ruangan, kapasitas kayaknya paling banyak, bisa muat ampe 40 orang.
Range harga 8rb s/d 13rb, menu lebih variatif, terus ada lauk tambahannya selain bakso, ada juga pangsit goreng, siomay basah n goreng. Ada mie ayam, mie ayam jamur, song mie dan mie baso. Porsinya pas, mienya mie keriting, lembut ga terlalu kenyal, cuma toppingnya lebih sedikit daripada mie2 yang lain. Cuma emang citarasa mienya lebih kerasa, lebih gurih. Kuahnya segar, gurih, olahannya pas. Beda ama kuah2 mie yang lain yang biasanya tasteless. harga siomay gorengnya 6 rb, dua, dan gede2. Puaslah pokoknya buat makan berdua!😀 Topping ayamnya agak sedikit lebih kering daripada mie kedondong, trus kalo pesen mie ayam jamur, topping jamurnya juga ga banyak, cuma 3 lembar irisan jamur…………😛 pangsitnya ada 2, cuma isiannya dikit, cuma buat awu2 anget.. (weehh,… opo iki reekk??). mie BeGe ini ngetop juga di Surabaya soalnya emang citarasa mienya yang kenyal, lembut en gurih. Terlepas dari pelitnya topping yang diberikan,….

Tempat 6 : Cwie Mie Gajah Mada Malang
Lokasi di Raya Kedung Asem depan Indomaret Ruko Komplek Pondok Nirwana Baruk Selatan

Warung kaki lima lagi, muat orangnya dikit, paling cuma bisa 10 orang, jadi pilihannya ya take home ajah😛.
standard yah kalo saya bilang, cuma harganya lumayan miring, cuma 4500 untuk mie biasa dan 6rb untuk mie baso. Bedanya ga ada menu untuk mie ayam jamur dan song mie. Cukup gurih, mienya ga seberapa lembut, kenyal udah pasti. Mie biasa, ga keriting. Topping ayamnya disangrai, mungkin supaya lebih awet (bisa buat besoknya kalo ngga habis :P).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: